Kamis, 30 Desember 2010

DUKUNG TIMNAS 23 FEBRUARI NANTI

Mari kita sudahi kesedihan atas kemenangan timnas yang tertunda di Piala AFF 2010!
Saatnya kita dukung tim nasional Indonesia di pra-Piala Dunia 2014, pra-Olimpiade 2012 dan SEA Games 2011! 

Pada tahun 2011 nanti dapat dipastikan timnas Indonesia senior dan U-23 akan ikut serta dalam 3 pertandingan, yakni pra-Piala Dunia 2014 bagi timnas senior, dan pra-Olimpiade 2012 dan SEA Games 2011 bagi timnas U-23. Pra-Olimpiade menjadi fokus utama timnas U-23 dibandingkan dengan SEA Games, selain karena akan berlangsung lebih awal, Olimpiade jauh lebih bergengsi. Dalam serangkaian kualifikasi Olimpiade 2012 ini, pada tahap pertama timnas kita akan menghadapi Turkmenistan pada 23 Februari 2011 di Jakarta, dilanjutkan dengan leg kedua pada 9 Maret 2011 di Ashgabat, Turkmenistan.

Jika tim yang juga diasuh Alfred Riedl ini berhasil lolos ke turnamen sepak bola Olimpiade 2012, maka ini akan menjadi yang kedua kalinya bagi Indonesia setelah berlaga pada ajang yang sama 56 tahun yang lalu (dari 2012). Saat itu tercatat nama-nama: Achad Arifin, Chairuddin Siregar, Ashari Danoe, Jasrin Jusron, Kwee Kiat Sek, Maulwi Saelan (Kiper dan Kapten), Mohammad Rasjid, Phwa Sian Liong, Ramang, Tan Liong Houw, Thio Him Tjiang, Endang Witarsa dan Ramlan Yatim yang memperkuat timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih asal Yugoslavia, Antun Pogačnik. Saat itu timnas berhasil menahan imbang raksasa sepak bola saat itu, Uni Soviet dengan skor 0–0. Sayang, dalam laga replay, Ramang dkk. harus menyerah 0–4. Dalam berbagai wawancara Ramang tetap bersikeras bahwa pada laga pertama dirinya hampir mencetak gol, kalau saja kausnya tidak ditarik oleh pemain lawan. Meskipun demikian, laga imbang tersebut terasa cukup bagi bangsa ini yang akan terus mengingatnya sebagai salah satu prestasi yang membanggakan.

Pada pertengahan 2011 nanti, tepatnya pada bulan Juni dan Juli, kemungkinan besar kualifikasi Piala Dunia 2012 untuk wilayah Asia akan diselenggarakan. Berbagai sumber menyebutkan 29 Juni dan 3 Juli 2011 sebagai tanggal laga pertama dan kedua yang akan dihadapi oleh timnas Indonesia U-23 dan peserta-peserta lainnya. Belum ada keterangan lebih lanjut dari AFC mengenai ini. Begitu juga dengan SEA Games 2011 yang akan berlangsung pada 11 hingga 25 November, belum diketahui jadwal pertandingan untuk cabang olahraga sepak bola, namun dapat dipastikan pertandingan akan diselenggarakan di dua tempat, yakni Palembang (Stadion Gelora Sriwijaya) dan Jakarta (Stadion Utama Gelora Bung Karno).

SEA Games merupakan kelanjutan dari Southeast Asian Peninsular Games atau SEAP Games, event dua tahunan yang berlangsung antara tahun 1959 hingga 1975. Baru pada 1977 namanya berubah menjadi SEA Games, dan Indonesia dalam penampilan perdananya di Kuala Lumpur berhasil menempati urutan pertama dengan perolehan 62 medali emas. Meskipun demikian, dari 17 kali penampilan timnas di cabang olahraga sepak bola, Indonesia hanya mampu dua kali mempersembahkan emas, yakni pada tahun 1987 dan 1991. Selebihnya, gelar juara terbanyak diperoleh timnas Thailand, yang memenangkan turnamen sebanyak 11 kali, belum termasuk dua lagi yang diperoleh pada SEAP Games.

Dengan demikian, mari kita berdoa dan terus mendukung, agar timnas U-23 dapat mengulangi prestasi Ramang dkk. di Olimpiade 1956, Ricky Yacobi dkk. di SEA Games 1987, Rochy Putiray, Bambang Nurdiansyah, Widodo Putro dkk. di SEA Games 1991, dan juga bagi timnas senior agar dapat kembali ke Piala Dunia, setelah Achmad Nawir dkk. di Piala Dunia 1938!

Kemungkinan pemain yang akan mengikuti seleksi skuad timnas U-23 (diizinkan 3 pemain di atas usia 23):

GK Kurnia Meiga Hermansyah (20 th)
GK Johan Angga Kesuma (21 th)

DF Wildansyah (23 th)
DF Djayusman Triasdi (21 th)
DF David Laly (19 th)
DF Achmad Jufriyanto (23 th)
DF Irfan Raditya (22 th)
DF Elvis Nelson Anes (22 th)

MF Egi Melgiansyah (20 th)
MF Imanuel Wanggai (23 th)
MF Dendi Santoso (21 th)
MF Oktovianus Maniani (20 th)
MF Kim Jeffrey Kurniawan (20 th)

FW Andik Vermansyah (19 th)
FW Boaz Solossa (24 th)
FW Jajang Mulyana (23 th)
FW Dede Hugo Kunarko (23 th)
FW Harmoko (21 th)
FW Irfan Bachdim (22 th)
FW Lukas Mandowen (21 th)
FW Titus Bonay (21 th)

*Sumber dari Wikipedia Indonesia, yang di-bold itu perkiraan dan harapan ane
*Sumber belum di-update, beberapa dari mereka yang berusia 23 tahun kemungkinan akan berulang tahun sebelum pra-Olimpiade atau SEA Games.
*Mungkin ada yang ingin menambahkan nama pemain, atau ada yang punya daftar resmi peserta seleksi?


MAJU TERUS TIM NASIONAL INDONESIA!
GARUDA DI DADAKU!

2 komentar:

  • bangkitlah garudaku dari keterpurukan bangsa ini alihkan bangsa yg juga terpuruk akan buaya buaya darat yg selalu menyantap hak rakyat,buatlah rakyat indonesia gembira dengan mempersembahkan prestasi di taun 2011...kepakkan sayapmu garudaku lebih melanglang buana di negeri orang...raih cita dan dapatkan prestasi yang tlah lama tertimbun.....amiiin!!!

  • Anonim

    Skuad timnas SEA Games 2011!
    GK Kurnia Meiga Hermansyah
    FW Irfan Bachdim,FW Lukas Mandowen,FW Titus Bonay
    MF Oktovianus Maniani,MF Kim Jeffrey Kurniawan,MF Egi M
    DF Wildansyah,DF Achmad Jufriyanto,DF Elvis Nelson Anes,DF Irfan Raditya

  • Posting Komentar

    Followers

    New Post

    Followers

    Info Site

    free counters

    About Us