Jumat, 27 Agustus 2010

5 Tips Bagi Blogger Pemula


1.Ukur diri sendiri
Di ranah daring memang ada banyak orang yang membuat blog untuk mencari nafkah. Mereka tak memiliki pekerjaan tetap, tapi memperoleh uang dari blognya. Mereka misalnya menerima pesanan tulisan dan mendapat bayaran. Tapi, seperti kata peribahasa, kita harus mengukur baju badan sendiri. Seandainya kita baru mulai ngeblog, jangan berharap akan langsung memanen rupiah. Kesuksesan tak dibangun dalam satu malam. Para narablog yang saat ini tampak berkubang rejeki itu harus banting tulang dulu membangun blog dan reputasi selama bertahun-tahun. Jika kita baru membuat blog hari ini, jangan harap besok uang langsung berjatuhan.
Kita harus Mengukur diri sendiri dulu kemampuan kita. Bagi pemula harus lebih banyak belajar, supaya bisa menghasilkan yang terbaik. :)
2. Teruslah bekerja
Mengapa? Karena lapangan pekerjaan terbatas dan mencari pekerjaan tetap itu sulit. Jangan sampai kita berhenti dari pekerjaan yang sekarang, lalu tinggal di rumah dan seharian di depan komputer mengelola blog. Itu sama dengan berjudi dengan hidup. Perlu kita ketahui, hingga saat ini masih sangat sedikit narablog yang memperoleh penghasilan tetap dan layak dari jurnal daringnya. Ringkasnya, belum banyak narablog yang menggantungkan hidupnya dari blog. Karena itu, lebih baik kita tetap bekerja, luangkan sedikit waktu untuk blog, dan berbagilah.
Terus bekerja untuk bisa menghasilkan yang terbaik, semua yang yang kita usahakan akan kembali kepada kita sendiri. Kerja keras > hasil maksimal.
3. Nikmatilah
Modal untuk ngeblog itu ada tiga: kemauan, hasrat, dan keteguhan. Tanpa tiga modal tersebut, blog hanya akan menjadi beban. Hanya mereka yang memiliki tiga modal itu yang akan merawat dan menikmati blog dengan antusiasme yang tinggi dan keriangan. Jadi tulislah sesuatu yang memang benar-benar sampean sukai, sesuatu yang bisa sampean bagikan ke khalayak setiap hari, selama-lamanya.
Menikmati ngeblog sebagai suatu yang menyenangkan atau bagi kita dalah hoby :0 jadi gak ada yang menjadi beban, misal harus ramai blog kita, tulisan kita harus baik atau bermutu. Nyantai aja :D
4. Fokus
Blog yang fokus pada satu topik, tema, atau masalah biasanya cenderung disukai orang ketimbang blog yang membahas semua hal yang ada di atas bumi ini. Pilihlah salah satu topik yang paling kita sukai dan pahami dengan baik. Utarakan dengan unik dan khas sehingga pembaca tertarik membaca dan mengikuti setiap hari.
Fokus pada satu bahasan yang dihadapi, bukan gonta-ganti pasangan atau tema topik yang kita bahas di blog kita.
5. Sabar
Merek-merek terkenal, produk yang popularitasnya menebus batas-batas negara, membangun citra dan reputasi selama berpuluh-puluh tahun. Mustahil kita menyamai mereka hanya dalam satu malam atau beberapa pekan saja. Karena itu, sampean juga harus membangun citra dan reputasi blog dari sedikit demi sedikit. Lakukan dengan tekun. Konsisten. Sabar. Utamakan kualitas ketimbang tipu muslihat untuk mempopulerkan blog kita.
Sabar, untuk mendapatkan hasil terbaik, tulisan yang bermutu traffik yang ramai harus bersabar, karena tak semudah membalikkan telapak tangan kita. Sesuatu yang melalui proses juga akan bisa lama bertahan dan semakin mudah.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

New Post

Followers

Info Site

free counters

About Us